Redaksi
Kamis, 11 Januari 2024, Januari 11, 2024 WIB
Last Updated 2024-01-11T12:16:46Z
DaerahPolri

Satgas Gakkum Subsatgas Pidum Polda Kalimantan Barat Berjibaku Mencegah Tindak Pidana dalam Kampanye Pemilu

Pontianak  - Satgas Gakkum Subsatgas Pidum OMB Kapuas Polda Kalbar  berupaya maksimal untuk Mencegah terjadinya Kejahatan Pidana dalam Kampanye Pemilu diwilayah Kalimantan Barat, Kamis,(10/01/24). 


Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK., M.M saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa Kasatgas Gakkum Kombespol Bowo Gede memimpin serangkaian kegiatan proaktif guna memitigasi dan menanggulangi potensi kejahatan pidana selama penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Kalimantan Barat.


"Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin keamanan dan kelancaran proses demokrasi, Satgas Gakkum Subsatgas Pidum melakukan koordinasi erat dengan instansi intelijen dan instansi terkait dalam penyelenggara pemilu untuk menghimpun informasi terkait potensi ancaman keamanan yang mungkin timbul selama masa kampanye". Kata Kombes Pol Raden Petit Wijaya.


Dalam serangkaian tindakan preventif, petugas Satgas Gakkum yang dipimpin langsung oleh Kombes Pol Bowo Gede, melakukan patroli intensif di sekitar kantor KPU Kota Pontianak dan kantor Bawaslu Kota Pontianak serta gudang logistik, sebagai langkah konkret untuk mencegah kemungkinan terjadinya tindak pidana yang dapat mengganggu kelancaran pemilu.



"Selama proses tahapan Pemilu 2024 kita akan melaksanakan patroli dan komunikasi yang kuat dengan instansi terkait untuk mencegah tindak pidana dan kecurangan selama penyelenggaraan pemilu berlangsung" Kata Kombespol Bowo Gede.


Melalui penyelidikan dan pemantauan yang cermat, Subsatgas Pidum juga berupaya keras untuk mengantisipasi serta menekan potensi kerawanan terhadap terjadinya tindak pidana selama masa kampanye Pemilu 2024


Kombes Pol Bowo Gede juga menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Subsatgas Pidum ini merupakan bagian dari komitmen Polda Kalbar dalam memastikan jalannya pemilu yang aman dan terkendali. Dengan kerjasama lintas instansi dan upaya yang terkoordinasi dengan baik, diharapkan keberhasilan Pemilu 2024 dapat tercapai dengan suasana yang kondusif dan bebas dari gangguan keamanan.


"Ops Mantap Brata Kapuas 2024 menjadi momentum bagi Polda Kalbar untuk memberikan yang terbaik dalam mengamankan proses demokrasi, menegakkan hukum, serta memastikan keamanan bagi seluruh masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan umum". Tutup Kombespol Bowo Gede. 

[Haryanto | Atin_*]