Redaksi
Jumat, 12 Januari 2024, Januari 12, 2024 WIB
Last Updated 2024-01-12T01:12:39Z
DaerahPolri

Polres Singkawang Gelar Acara Tradisi Penyambutan, Upacara Welcome and Farewell Parade Kapolres Singkawang

Singkawang - Polres Singkawang, Telah dilaksanakan Kegiatan tradisi Penyambutan, Upacara Welcome and Farewell Parade dan Laporan Kesatuan Kepala Kepolisian Resor Singkawang dari AKBP Arwin Amrih Wientama, S.H., S.I.K., M.H kepada AKBP Fatchur Rochman, S.I.K., M.I.K., bertempat di halaman Mapolres Singkawang Jalan Firdaus H.R.II Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang, pada Kamis (11/1/23). 


Dalam rangkaian kegiatan Penyambutan Kapolres Singkawang diawali dengan Prosesi pemotongan tebu, pemotongan tebu merupakan salah satu Upacara adat Penyambutan suku dayak, dalam prosesi ini tamu yang datang akan diminta untuk memotong batang tebu hijau yang di pasang melintang di pintu masuk dengan menggunakan sebelah pedang mandau, prosesi potong tebu ini dilakukan bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk bagi penduduk setempat maupun bagi para tamu yang berkunjung di daerah tersebut. 


Kemudian dilanjutkan dengan Pengalungan Sal dan buket Bunga, Selanjutnya di sambut dengan acara Silat atau biasa disebut dengan palang pintu yang mempunyai arti sebagai tradisi untuk membuka penghalang yang diwakili seseorang atau lebih agar dapat masuk ke suatu daerah, Selanjutnya Prosesi tarian Penyambutan tari Tidayu yang merupakan tarian yang menggambarkan tentang keharmonisan masyarakat kota Singkawang yang mana kota Singkawang memiliki tiga etnis terbesar yakni Tionghoa, Dayak dan Melayu, yang mana meskipun memiliki Etnis serta adat budaya yang berbeda mereka tetap dapat hidup aman, damai dan harmonis.


Selanjutnya dilaksanakan Prosesi tepung tawar, tradisi bepapas adalah salah satu tradisi yang dilakukan dalam menyambut tamu, bepapas dilakukan dengan menabur beras kuning dimana beras kuning sebagai simbol penghormatan dan harapan, Kemudian dilanjudkan dengan Pembacaan doa selamat datang yang dilakukan dengan tujuan agar tamu yang datang berkunjung di jauhkan dari segala marabahaya, dilancarkan segala urusannya dan selalu mendapat keberkahan serta rahmat dari tuhan yang maha esa.


Kemudian Kapolres Baru juga  menerima Jajar kehormatan dan disambut dengan Para PJU Polres Singkawang beserta Bhayangkari, Selanjutnya juga dilaksanakan kegiatan Laporan Kesatuan dalam rangka serah terima jabatan Kapolres Singkawang tersebut, yang dihadiri oleh para PJU Polres Singkawang, Para Kasubag, Para Kanit Polres dan Perwakilan Polsek Jajaran Polres Singkawang. 


Dan pada siang harinya dihalaman Polres Singkawang dilaksanakan apel Welcome and Farewel Parade dalam rangka tradisi Penyambutan dan pelepasan Kapolres Singkawang, Selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres Singkawang Baru dan Mantan Kapolres Singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama S.H., S.I.K., M.H.


Dalam amanatnya AKBP Arwin Amrih Wientama, S.H., S.I.K., M.H. menuturkan, "Rekan rekan sekalian pada kesempatan hari ini kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolres singkawang dan bhayangkari cabang dan ranting yang sudah menyiapkan kegiatan dalam kondisi baik. 


"Tidak terasa 1,5 tahun menjadi bagian dari polres Singkawang, tentunya dalam kebersamaan ini kami sekali lagi menyampaikan terima kasih atas dukungan, kerjasama dan support atas kami dan keluarga besar sehingga wilayah hukum polres Singkawang secara umum aman kondusif. 


Kami beserta keluarga Memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada anggota polres Singkawang apabila dalam bertugas di polres Singkawang ada perbuatan yang tidak berkenan,  Kami ijin Pamit dan mohon diri untuk bertugas di tempat yang baru sebagai Wakapolres Banjarmasin Polda Kalimantan Selatan. 


Kami mendoakan kepada rekan rekan untuk keberhasilan dan kesuksesan dalam menjalankan tugas, saya berpesan agar tidak membandingkan antar Kapolres, Agar rekan rekan dapat mengambil hal yang positif guna mendukung pelaksanaan tugas Kapolres yang baru, Pungkasnya


Selanjutnya Kapolres Singkawang AKBP Fatchur Rochman, S.I.K., M.I.K., dalam arahannya menuturkan, "Terima kasih kepada pejabat lama yang selama ini telah memimpin Polres Singkawang yang mana banyak hal baik yang telah beliau perbuat yang harus kita pertahankan, Ucapnya. 


Kapolres juga mengucapkan, "Selamat bertugas ditempat yang baru kepada senior kami AKBP Arwin Amrih Wientama, S.H., S.I.K., M.H. semoga karir lebih cemerlang dan selalu dijaga kesehatannya, Sebagai Kapolres yang baru memohon kerja sama kepada anggota sehingga dapat menjaga wilayah Polres Singkawang sehingga situasinya dapat selalu dalam keadaan aman terkendali, dan Kepada Personel Polres Singkawang agar tingkatkan kedisiplinan, jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan kerja, sehingga dalam bekerja dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, Pungkasnya. 


Selanjutnya dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan acara penyerahan kunci rumah dinas Kapolres Singkawang, Selanjutnya juga dilaksanakan  dengan acara tradisi pelepasan Mantan Kapolres Singkawang AKBP Arwin Amrih Wientama, S.H., S.I.K., M.H., dengan rangkaian prosesi pedang pora dengan di iringi puisi, dan Ucapan selamat jalan kepada AKBP Arwin Amrih Wientama, S.H., S.I.K., M.H beserta Ibu, selamat berkarya ditempat yang baru, semoga tuhan yang maha esa selalu meridhoi perjalanan bapak dan ibu, Amin ya rabbalalamin. 

[Haryanto | Atin_*]