Redaksi
Kamis, 11 Januari 2024, Januari 11, 2024 WIB
Last Updated 2024-01-11T09:41:23Z
DaerahHukum

Kakanwil Kemenkumham Kalbar, Muhammad Tito Andrianto Beserta Jajaran menyambangi Bupati Ketapang

Ketapang - Kakanwil Kemenkumham Kalbar, Muhammad Tito Andrianto Beserta Jajaran menyambangi Bupati Ketapang, Martin Rantan.Tujuan dari kunjungan ini adalah menindaklanjuti terkait rencana pembangunan Lapas Ketapang yang akan dibangun. pada Rabu (10/01). 


Relokasi lapas ini dinilai sangat dibutuhkan karena kapasitas lapas yang sudah tidak mencukupi, yang seharusnya hanya dihuni oleh warga binaan sebanyak 240 orang namun sekarang dihuni 955 orang.



Martin menyampaikan urgensi perpindahan Lapas Ketapang yang didasari over crowded dan berbagai alasan keamanan dan ketertiban. Tito yang hadir secara langsung menyambut baik keinginan Lapas Ketapang. Kakanwil menyambut baik keinginan tersebut dan akan langsung melakukan tinjauan lapangan terkait kelayakan dan kondisi rencana tanah yang akan diberikan oleh Pemkab Ketapang.


Pemerintah Kabupaten Ketapang berencana akan merelokasi lapas ke luar kota tepatnya di Jalan Lingkar Kota, Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang. Area lapas akan berdampingan dengan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satuan Brimob Ketapang.


Kakanwil juga menyebutkan terkait rencana perpindahan Lapas Ketapang akan dibebankan kepada Pemda yang mengusulkan. Berbagai hal teknis disampaikan mulai dari standar teknis pembangunan Lapas, alur koordinasi dengan Pemerintah Pusat serta mekanisme pilihan peralihan kepemilikan baik secara Hibah ataupun tukar guling. [ ATIN_*]