Redaksi
Minggu, 12 November 2023, November 12, 2023 WIB
Last Updated 2023-11-12T02:26:31Z
Daerah

Hujan Deras Kawasan Hulu Gunung Leuser Sebabkan Banjir Lumpur di Aceh Tenggara

Warga membersihkan lumpur yang menggenangi rumahnya sisa banjir yang terjadi pada Jumat ( 10/11) di Kabupaten Aceh Tenggara.

Jakarta  - Hujan deras di daerah  hulu kawasan Gunung Leuser pada Jumat (10/11) malam menyebabkan banjir lumpur di Desa Bukit Baru, Kecamatan Ketambe, Kabupaten Aceh Tenggara. Arus air yang membawa material lumpur mengalami sumbatan di jembatan dekat jalan lintas nasional Blangkejeren-Kutacane. Akibatnya, banjir lumpur meluap dan menggenangi jalan serta rumah warga.



Hingga Sabtu (11/11), Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Aceh Tenggara masih melakukan pendataan dampak kejadian banjir. Laporan terkini mencatat air sudah surut dan material lumpur yang menggenangi jalan lintas Blangkejeren-Kutacane telah dibersihkan oleh tim gabungan. Arus lalu lintas jalan nasional Blangkejeren-Kutacane sudah berangsur normal kembali. 


BPBD Kabupaten Aceh Tenggara mengimbau warga agar selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya ancaman banjir, longsor, banjir bandang di saat hujan lebat disertai angin kencang. Warga diharap selalu memantau kondisi drainase di sekitar lingkungan masing-masing dan gorong-gorong jembatan dari material gelondongan kayu dan sampah untuk menghindari tersumbatnya saluran. 


Prakiraan cuaca dari BMKG untuk wilayah Aceh Tenggara pada minggu ketiga bulan November menunjukkan adanya potensi hujan sedang di malam hari. Warga diharapkan terus memantau informasi cuaca sebagai dasar tindakan kesiapsiagaan dan antisipasi kondiai kedaruratan.[]