Redaksi
Senin, 23 Oktober 2023, Oktober 23, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-23T12:40:35Z
Daerah

SMPN Panimbang 2 Gelar Sosialisasi penguatan program profil Pancasila

Kegiatan pemberian teori kepada Siswa/i SMPN 2 Panimbang untuk pembekalan.Senin,(23/10/23)


Pandeglang - Tenaga pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mempelajari berbagai hal di luar kelas dapat membantu peserta didik berkembang dengan lebih baik. Mempelajari hal-hal di kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya, Gagasan tentang pentingnya mempelajari hal-hal di luar kelas. 


Kurikulum Merdeka beserta inovasi-inovasi yang menyertainya dalam bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek tersebut merupakan salah satu sarana untuk mencapai berbagai target dalam Profil Pelajar Pancasila. Dalam praktiknya, projek tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai sebuah proses penguatan karakter sekaligus sebagai bentuk belajar secara nyata dari lingkungan sosialnya .ucap Christy Natalia.A selaku kepala sekolah SMPN 2 Panimbang dikantor Senin, (23/10/2023). 



Lanjut Christy, kegiatan ini di laksanakan 1 pekan /5 hari  hari pertma kita lakukan pemberian teori namun 4 hari selanjutkan kita akan  praktek langsung kegiatan akan kita laksanakan sesuai   Profil Pelajar Pancasila membentuk karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profill pelajar Pancasila (pembelajaran kurikuler), dan ekstrakurikuler. tuturnya. 


tidak hanya itu progran profil pancasila ini meliputi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Berkebinekaan global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis, Kreatif. 


Salah satu langkah untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila tersebut dilakukan melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yaitu pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. jelasnya. 


Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk dan/atau aksi. seperti belajar marketing karna di sini banyak temtap wisata alam seperti tanjung lesung dan produk local makanan. ungkapnya.


Semoga dengan di terapkan nya pembelajaran pancasila bisa mencetak siswa siswi yang bisa ber ahlak dan cerdas berbudi luhur dalam kemasyarakatan khususnya SMPN 2 Panimbang. pungkasnya.[IRGI]