Redaksi
Jumat, 27 Oktober 2023, Oktober 27, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-27T12:40:06Z
DaerahNasional

PT PIM Fasilitasi 17 Pemuda Lingkungan Mengikuti Pelatihan Welder Bersama BPVP Banda Aceh

Krueng Geukueh - VP TJSL & Humas PT PIM Zulhadi secara resmi membuka program Youth EntrepreneurShip (YES) Pelatihan Welder/Juru Las pada 25 Oktober 2023 di Gedung Diklat PT PIM yang dikoordinir oleh Lembaga Kepemudaan Karang Taruna Kecamatan Dewantara.


Pembukaan Pelatihan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Umum BPVP Banda Aceh Nova Widiastati, S.Pd, Sekretaris Camat Dewantara Muhammad Nurkhazi, Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja Saiful Bahri, Para Geuchik desa lingkungan, Ka. Karang Taruna Kecamatan Dewantara Safrizal, Karang Taruna Desa Lingkungan dan diikuti oleh 17 (tujuh belas) pemuda desa yang berasal dari Lingkungan Perusahaan.



Kali ini, pelatihan difokuskan pada bidang Welder/Juru Las yang merupakan komitmen kerjasama antara PT Pupuk Iskandar Muda , Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID) Aceh dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Banda Aceh dengan konsep Tailor Made Training (TMT) dalam menjawab kebutuhan dari pemuda-pemuda dikecamatan Dewantara untuk siap bersaing di pasar kerja, pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan pemuda untuk mengasah keahlian dibidang yang dilatih nantinya.

Pelatihan Welder/Juru Las ini merupakan pelatihan tahap ke 5 (lima) yang dilakukan pada tahun 2023 yang sebelumnya pada tahun 2021 telah dilakukan pelatihan Teknik bidang Air Conditioner (AC) dan Barista, pada tahun 2022 juga dilakukan pelatihan Barbershop dan Tata Boga, setidaknya hampir 100 pemuda dilatih oleh PT PIM melalui BPVP Banda Aceh.


“ Zulhadi menjelaskan Pelatihan ini menunjukkan kepedulian PT PIM dalam meningkatkan keterampilan dan memperluas kesempatan kerja bagi generasi muda setempat, yang nantinya bisa bersaing baik pasar kerja di dalam daerah maupun diluar daerah nantinya,” kata Zulhadi.


Disisi lain sekertaris Camat Dewantara Muhammad Nurkhazi mengatakan “Kami berterima kasih sekali kepada PT PIM telah membuka pelatihan ini untuk meningkatkan lagi kemampuan pemuda desa, semoga pelatihan ini bermanfaat bagi peserta dan dapat di terapkan langsung dilapangan ” tutupnya.[]