Redaksi
Minggu, 22 Oktober 2023, Oktober 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-10-22T07:24:50Z
Nasional

Kemajuan Proyek Renovasi Ruang VIP Bandara Bauerfield Port Vila

Jakarta – Renovasi ruang VIP Bandara Internasional Bauefield yang berada di Port Vila, Vanuatu, terus dikerjakan. Proyek ini merupakan bantuan Pemerintah Indonesia kepada negara di Kepulauan Pasifik ini  yang terdampak siklon Judy dan Kevin pada Maret 2023 silam.


Progres pengerjaan renovasi telah mencapai lebih dari 66 persen. Progres ini melebihi target waktu yang telah direncanakan, yaitu Sabtu ini (21/10). Hal tersebut karena ada kendala perpajakan di pihak Vanuatu serta penerbitan visa pekerja terampil dari Indonesia yang akan bekerja di sana. Penyelesaian proyek dijadwalkan satu minggu, hingga akhir Oktober atau awal November 2023. 


Sisa pekerjaan yang harus dilakukan yaitu interior ruang dan penyelesaian akhir. Pantauan ini disampaikan tim BNPB yang memberikan pendampingan proyek renovasi ruang VIP tersebut. 


Dalam rangka percepatan progres pengerjaan, Pemerintah Indonesia mengirim tambahan pekerja terampil sebanyak 18 orang dan material renovasi.


Pemberangkatan material renovasi dari Indonesia akan dilaksanakan pada Minggu (22/10), pukul 00.00 WIB. dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta via Jayapura Papua. Pekerja dan material interior diperkirakan akan tiba di Port Vila pada Minggu (22/10), pukul 14.55 waktu setempat.


Setelah proyek renovasi selesai, Pemerintah Indonesia akan meyerahkan secara resmi kepada Pemerintah Vanuatu, yang ditandai juga dengan penandatanganan berita acara serah terima. []