Redaksi
Kamis, 14 September 2023, September 14, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-15T09:11:42Z
DaerahKesehatanPolri

PT Sarigading Pusaka Kalimantan Dukung Penuh Kegiatan POLRI dimana saja dalam Hal Sosial dan Kemanuasiaan

 


Kalimantan Selatan - RS. Bhayangkara Tingkat III POLDA Kalimantan Selatan bersama Kecamatan aluh - aluh dan stake holder terkait di kecamatan Aluh - aluh melaksanakan Kegiatan Baktikes POLRI .


Kegiatan Baktikes POLRI dilaksanakan di Kecamatan Aluh - aluh Kabupaten Banjar bekerjasama dengan PT. Sarigading, Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) DPW Kal-Sel , Bank Kal-Sel, Sidokkes Polres Banjarbaru dan Humas Polda Kal-Sel.


Dalam rangka pelaksanaan, kegiatan yang dilaksanakan adalah Sunat Masal, Pemeriksaan Pengobatan Gigi, Bedah Minor Seperti Bisul, Benjolan, Kutil, Penyuluhan Kesehatan, Pemeriksaan Kesehatan, Gula darah, Asam Urat, Kolestrol, Pemeriksaan Stunting.


Dihadiri oleh Camat Aluh - aluh Aditya Yudi Dharma, S.STP, Kapolsek Aluh - Aluh Ipda Muslim, Kapuskes Aluh - Aluh Dokter Wiwit, Sekretaris Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) DPW Kal-Sel Muhammad Nanda, S.T, Karumkit Bhayangkara Tk III Banjarmasin dr.M.Ihsan Wahyudi, Sp.F, Wakarumkit dan dokter gigi drg.Kristina Dewi, Koordinator Lapangan Diana Maria Sativa, Biomed dokter bedah umum dr.Indro Wibowo,Sp.B, Sidokkes Polres Banjarbaru Dawatul Husain, Beserta Tim Sunatan Massal dan Tim Pengobatan Gratis

Tim Stunting dan Babinsa Setempat.


Masyarakat sangat antusias dalam kegiatan ini, untuk yang mendaftar Sunatan Massal  berjumlah 55 orang dan yang di sunat berjumlah 52 orang.


Terlaksananya Kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam  rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang yang diikuti oleh masyarakat Kecamatan Aluh - aluh Sebanyak 118 orang terdiri dari laki - laki 30 orang dan perempuan 118 orang.


Terpantau dari pewarta media bahwa yang mengikuti kegiatan ini adalah Lansia  berjumlah 22 orang, Anak- anak  6 orang dan Umum 96 Orang.


Adapun didapat dari tim kesehatan bahwa ada beberapa Diagnosa seperti, Hipertensi 37 orang, Asma Bronkial 1 orang, DES : 2 orang, Katarak 2 orang, HNP 10 orang, Hemoroid 1 orang, Susp. Ca mamai 1 orang, Rhiniparingitis 9 Orang, Dm tipe II 5 orang, Hiperkolestroltromia 3 orang, LBP 3 orang, Cepalgia 32 orang, Gerd 10 orang, Bedah Minor ( Eksisi) 5 orng dan Gigi ( abses gigi ) 3 orang.


Untuk pemeriksaan Stunting peserta yang terdata berjumlah 20 anak dan peserta yang datang 12 anak. Camat Aluh - aluh mengatakan bahwa semoga ini bermanfaat dan berkelanjutan. “Semoga kita bisa saling kerja sama khususnya kecamatan aluh - aluh agar kegiatan ini terus berkesinambungan” Ungkap Aditya.


Kordinator Lapangan Rs Bhayangkara Tk III mengatakan bahwa warga disini sangat antusia dan semangat dalam kegiatan ini.


“Kita sangat senang bisa membantu masyarakat dalam hal kesehatan, bukan hanya disini saja, kita juga siap untuk melakukan dimana saja khususnya daerah Kalimantan Selatan”. Jelas Maria.


Kapolsek Kecamatan Aluh - aluh juga menyampaikan bahwa terima kasih sudah menjadi fasilitator acara kesehatan disini.


“ Ulun selaku kapolsek aluh2 dan sekaligus warga aluh2 mengucapkan terimakasih banyak kepada Rumkit Bhayangkar tingkat III Banjarmasin dan kepada IWOI yang sudah menjadi fasilitator kegiatan Bhakti kesehatan di kecamatan aluh aluh berupa sunatan massal dan pengobatan gratis, semoga kegiatan ini bisa terus berjalan”. Ucap Ipda Muslim.Kamis, (14/9/23). 


Disisi lain di tempat terpisah, Direktur Utama PT Sarigading Pusaka Kalimantan H. Said Hasan Machdan mengatakan akan berusaha terus untuk berkontribusi dalam kegiatan yang bermafaat bagi masyarakat seperti ini.


“Kami sangat mendukung untuk kegiatan sosial dan kemanusian, semoga kami selalu bisa berkontribusi dalam hal kegiatan yang dilaksanakan baik sosial maupun kemanusian”. Jelasnya.


Kapuskes Kecamatan Aluh-aluh juga menyampaikan semoga bisa bertemu di kesempatan baik lainnya. “Alhamdulillah acaranya lancar, Semoga bisa ketemu di kesempatan lainnya” Ucap Wiwid.


Selain itu, Ketua Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) DPW Kal-sel Mona Herliani melalui Sekretarisnya Muhammad Nanda, S.T juga menyampaikan, Bahwa untuk kegiatan sosial dan kemanusian harus di support. “Terkhusus kegiatan sosial dan  Kemanusian  Tim IWOI Siap Bekerjasama dengan siapa saja”. Tutup Nanda.[Nanda]