Redaksi
Jumat, 15 September 2023, September 15, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-15T14:33:17Z
DaerahKesehatan

PT Sarigading Pusaka Kalimantan Berasal dari Kota Barabai Kalimantan Selatan

 


Kalimantan Selatan - PT Sarigading Pusaka Kalimantan mensuport kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh RS Bhayangkara Tk III dan Kecamatan Aluh - aluh bertempat di aula Kecamatan Aluh - aluh pada hari, Kamis (14/09/23).


Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Aluh - aluh adalah Sunat Masal, Pemeriksaan Pengobatan Gigi, Bedah Minor Seperti Bisul, Benjolan, Kutil, Penyuluhan Kesehatan, Pemeriksaan Kesehatan, Gula darah, Asam Urat, Kolestrol, Pemeriksaan Stunting.


Kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat Kecamatan Aluh - aluh Sebanyak 118 orang terdiri dari laki - laki 30 orang dan perempuan 118 orang. Terpantau dari pewarta media bahwa yang mengikuti kegiatan ini Lansia  berjumlah 22 orang, Anak- anak  6 orang dan Umum 96 Orang.


Beberapa Diagnosa yang didapat seperti, Hipertensi 37 orang, Asma Bronkial 1 orang, DES : 2 orang, Katarak 2 orang, HNP 10 orang, Hemoroid 1 orang, Susp. Ca mamai 1 orang, Rhiniparingitis 9 Orang, Dm tipe II 5 orang, Hiperkolestroltromia 3 orang, LBP 3 orang, Cepalgia 32 orang, Gerd 10 orang, Bedah Minor ( Eksisi) 5 orng dan Gigi ( abses gigi ) 3 orang.



Untuk pemeriksaan Stunting peserta yang terdata berjumlah 20 anak dan peserta yang datang 12 anak. Saat pewarta menemui Direktur Utama PT Sarigading Pusaka Kalimantan Mengatakan bahwa Sarigading akan selalu mendukung kegiatan yang bersifat sosial dan kemanusiaan.


“Kami sangat mendukung untuk kegiatan sosial dan kemanusian, Kedepanya kegiatan seperti ini akan kita anggarkan, Semoga kami selalu bisa berkontribusi dalam hal kegiatan yang dilaksanakan baik sosial maupun kemanusian”. Jelasnya.


Sebelumnya kita ketahui bahwa, Sejak memulai usaha pada 1954, produsen jamu legendaris asal Kalimantan Selatan PT Sarigading Pusaka Kalimantan, terus berkembang hingga Manca Negara.


Di awal sejarahnya, Sarigading berawal dari usaha sederhana berbentuk industri rumahan yang fokus pada produksi jamu tradisional.  Direktur Utama PT Sarigading Pusaka Kalimantan saat ini H Said Hasan Machdan, adalah generasi ketiga penerus usaha turun-temurun.


Lokasi awal PT Sarigading adalah di Jalan Sarigading Nomor 188C Barabai Utara, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).


H. Said mengatakan bahwa awalnya ini dasarnya adalah usaha untuk memberdayakan kaum ibu - ibu. “Usaha ini awalnya usaha kaun ibu, Sesuai namanya untuk memberdayakan kaum ibu - ibu”. Jelasnya. 


Sampai saat ini , Jamu produk andalan dari PT Sarigading adalah Jamu Sehat Sarigading yang disukai oleh pencinta Jamu Tradisional Khususnya masyarakat Kalimantan Selatan.[Nanda]