Redaksi
Jumat, 22 September 2023, September 22, 2023 WIB
Last Updated 2023-09-24T05:23:16Z
DaerahNasionalTni

Courtesy Call Pangkostrad dan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura

Jakarta -  Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. melaksanakan  Courtesy Call bersama Panglima Angkatan Bersenjata Singapura yang dipimpin oleh Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng (CHIEF OF DEFENCE FORCE) di Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis (21/9/23).


Dalam kegiatan ini, Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng didampingi oleh COL Lim Yu Chuan (Head Joint Intelligence), COL David kwek (Army Attach), ME7 Melvin Gan (Defence Attache Singapore), ME7 Simon Chang San Hua (Group Head JRD), SLTC Low Jun Horng (Group Head JRD), LTC Eric Goh (Branch Head JRD) dan LTC Law Angwei (Military Assistant to CDF).


Setibanya di Makostrad, rombongan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura disambut oleh Dandenma Kostrad dilanjutkan menerima Laporan dari Pos 1 dan Hormat jajar dari Dinas keamanan, mengunjungi museum Darma Bhakti Kostrad, penandatangan buku tamu, melaksanakan foto bersama dilanjutkan dengan Courtessy Call di ruang Executive Longe.


Setelah Para tamu masuk ke  ruang Executive Longe, kegiatan dimulai dengan pemutaran video profil Kostrad, dimana didalam video tersebut menampilkan sejarah awal berdirinya Kostrad sampai dengan saat ini.


Dalam sambutannya, Pangkostrad menyampaikan jika ini merupakan sebuah kebanggaan bagi keluarga besar Kostrad, khususnya saya sebagai Pangkostrad untuk mengadakan acara pertemuan ini dengan Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng beserta rombongan.


Pangkostrad menjelaskan jika Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, disingkat Kostrad merupakan komando utama operasi di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai komando utama pembinaan di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, yang dalam pelaksanaan tugasnya satuan kostrad terbagi menjadi 3 Divisi Infanteri. antara lain Divisi Infanteri 1 berada di Jawa Barat, Divisi Infanteri 2 berada di Jawa Timur dan Divisi Infanteri 3 berada di Sulawesi Selatan.



“Kostrad memiliki tugas pokok menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan tingkat strategis sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan sebagai komando utama pembinaan bertugas membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasad,” dikutip dari kostrad.mil.id, pada Jum'at, (22/3/23), kata Pangkostrad.


Selain itu, Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. mengatakan bahwa kerjasama pertahanan bilateral antara Indonesia dan Singapura selama ini merupakan wujud bukti semakin menguatnya hubungan antara kedua negara. kegiatan kerjasama tersebut khususnya yang melibatkan satuan kostrad antara lain dalam Latma Safkar Indopura ke-35 yang telah dilaksanakan di Singapura pada bulan Agustus 2023 dengan sukses.


“Saya berharap kerjasama antara TNI AD dengan Angkatan Bersenjata Singapura akan terus berlanjut dan berkembang pada kegiatan lainnya sehingga dapat meningkatkan kerjasama militer dan profesionalisme prajurit TNI AD dengan Angkatan Bersenjata Singapura,” pungkas Pangkostrad.


Sementara itu, Laksamana Madya (VADM) Aaron Beng mengatakan jika dirinya merasa terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta staf.


Setelah Courtessy Call selesai, kegiatan diakhiri dengan pertukaran Cinderamata dan jamuan makan siang bersama di Ruang  Makan Makostrad.


Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya  Kapuskersin TNI Marsma Firman Dwi Cahyono,  Irkostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, Asintel Kaskostrad, Asops Kaskostrad, Aster Kaskostrad,  Athan RI di Singapura Kol Pnb Zailani Waaspers Kaskostrad, Kabintal Kostrad dan Pabandya-2/Bungprot Spaban VI/Hublu Letkol Arh Yogi Nugraha.[]