Redaksi
Selasa, 18 Juli 2023, Juli 18, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-18T10:40:13Z
Daerah

Sebanyak 6,3 Hektar Lahan Terbakar di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan - Terjadi Kebakaran lahan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan pada Senin (17/7). Lokasi lahan terbakar di Desa Bajayu Barat, Kecamatan Daha Barat.


BPBD Kabupaten Hulu Sungai Selatan melaporkan lahan terbakar terjadi pukul 14.55 WITA. Sebanyak 6,3 lahan hektar terbakar. Tidak ada laporan korban jiwa akibat kebakaran,


Upaya penanganan kebakaran lahan dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat BPBD Kab Hulu Sungai Selatan ke lokasi terbakar dengan mengerahkan personil dan mesin pompa air portable. Kondisi terkini api berhasil dipadamkan.



Berdasarkan, Sistem Pelaporan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Sipongi melalui citra satelit SNPP wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan memiliki 15 titik sebaran panas dengan tingkat confidence level medium. 


Dari laman website BMKG Potensi Kebakaran hutam, dilihat dari tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah, wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan termasuk kategori sangat mudah terbakar berlaku hingga Rabu (19/7). 


Agar penangulangan bencana kebakaran hutan dan lahan efektif, BNPB menghimbau Satgas Penanggulangan Karhutla daerah kembali menyiagakan alat, perangkat dan personil pasca hujan dalam dua minggu terakhir. Penanganan yang cepat akan mengurangi potensi eskalasi dampak yang mungkin terjadi.[]