Redaksi
Rabu, 05 Juli 2023, Juli 05, 2023 WIB
Last Updated 2023-07-05T09:58:10Z
DaerahNasionalTni

Panglima TNI Perintahkan Uji Tempur Latihan Gabungan Kogabwilhan di Tiga Wilayah Bersamaan

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.(Puspen TNI/ist).

Jakarta - Latihan gabungan TNI 2023 bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan Kogabwilhan TNI dalam melaksanakan keamanan militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi.


Demikian dijelaskan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat mengawali rapat paparan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023 oleh Dankodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiyono, M.A. bertempat di Wisma Ahmad Yani Jl. Taman Suropati No.10, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (4/7/23).


Selain itu Latgab juga untuk meningkatkan daya tempur satuan TNI, terujinya kemampuan alutsista yang dimiliki TNI, terujinya kemampuan interoperability angkatan dan terujinya doktrin, prosedur dan organisasi dalam pelaksanaan keamanan militer (Kammil) maupun operasi gabungan.



"Jadi latihan puncak masing-masing tidak ada artinya kalau tidak ada perubahan, karena memang di dalam Keputusan Peraturan Panglima TNI tentang latihan gabungan ini, sistem pertahanan kita masih menggunakan operasi gabungan TNI," ujar Panglima TNI.



Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan  bahwa Latihan gabungan TNI tahun 2023 akan melaksanakan latihan operasi udara gabungan, operasi laut gabungan, operasi amphibi, operasi pendaratan administrasi, operasi lintas udara, operasi pendaratan gabungan dan operasi dukungan (Pasukan khusus, bantuan tempur dan penerangan), yang direncanakan akan dilaksanakan di 3 (tiga) tempat yaitu Kogabwilhan I di Dabo Singkep Riau, Kogabwilhan II di Asembagus dan Kogabwilhan III di Manokwari selatan.



 Dalam bulan Juli ini atau tahun anggaran ini kita juga akan menyelenggarakan latihan besar yaitu Super Garuda Shield di Situbondo dan itu  melibatkan beberapa negara.



"Mari kita laksanakan latihannya seperti perintah operasi gabungan TNI, yang masing-masing matra yang juga menyusun dari tugas Kogasgab,  Kogasgab diberikan kepada matra masing-masing", pungkas Panglima TNI. 



Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Kasum TNI, Irjen TNI, Pangkobgabwilhan I,II dan III serta Dansesko TNI, para Asisten Panglima TNI, Dankoopssus TNI, Kapuspen TNI dan para Pejabat Utama dari tiga matra.[FERI]