Redaksi
Minggu, 11 Juni 2023, Juni 11, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-11T12:16:37Z
DaerahHukumNasional

Diduga Konsumsi Narkoba, Kepala Kejaksaan Negeri Madiun Jawa Timur Dicopot

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur - Mia Amiati.(msn.com_*)


Surabaya -  Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Madiun, Andi Irfan Syafruddin, dicopot dari jabatannya karena dinyatakan positif mengonsumsi narkoba.


Hal itu diungkap oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur Mia Amiati. Ia menyebut temuan ini bermula ketika ia berinisiatif melakukan tes urine kepada Kepala Kejari se-Jatim.


Saya selaku Kajati Jatim berinisiatif untuk melaksanakan test urine dan pengambilan sample rambut terhadap para Kajari se-Jatim," kata Mia dikutip dari CNNIndonesia.com, pada Jumat (9/6).


Diam-diam, Mia pun mengutus anak buah yang dipercayainya menghubungi Polda Jawa Timur untuk berkoordinasi perihal pelaksanaan tes urine itu.



"Pada hari Kamis tanggal 12 Mei 2023 ada Kunker Komisi III DPR RI, momen itu saya manfaatkan karena semua kajari dari 39 kabupaten/kota hadir di kantor Kejati Jatim," ucapnya.


Setelah acara Kunker Komisi III selesai, Mia pun memerintahkan para kajari untuk tetap di tempat. Kemudian tes urine dan pengambilan sampel rambut pun dilaksanakan.


Tanpa ada kebocoran informasi, jadi tidak ada yang tau rencana tes urine dan pengambilan sampel rambut yang saya rencanakan," katanya.


Pelaksanaan tes itu, kata Mia, dilakukan secara bergantian sesuai dengan SOP dan ketentuan dari Tim Polda Jatim. "Termasuk pengambilan urine di kamar mandi, petugasnya ikut masuk ke dalam kamar mandi," ujarnya.


Ketika hasil tes urine dan pengecekan sampel rambut sudah didapatnya dari Polda Jatim pada 16 Mei 2023, terlihat ada satu kajari yang dinyatakan positif menggunakan narkotika dengan bahan aktif metamfetamina.*