Redaksi
Sabtu, 03 Juni 2023, Juni 03, 2023 WIB
Last Updated 2023-06-02T18:59:24Z
Nasional

1.897 Jemaah Indonesia Tiba Di Makkah

Salah Satu Jemaah Disambut Di Kota Makkah


Makkah - Sebanyak 1.897 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam lima kelompok terbang (kloter) tiba di kota Makkah.



Jemaah ini tiba dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama pukul 20.00 WAS terdiri dari jemaah Jakarta Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01) dan Makassar (UPG 01), serta gelombang kedua pukul 22.00 WAS yang terdiri dari jemaah Aceh (BTJ 01) dan Medan (KNO 01).


Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad mengaku gembira melihat kedatangan jemaah di Makkah dalam keadaan sehat dan disambut meriah oleh pihak Maktab di pemondokan mereka.



"Alhamdulillah saya ucapkan syukur, jemaah sudah tiba di Makkah dalam keadaan sehat dan petugas yang sigap membantu jemaah," tutur Abdul Aziz saat menyambut kloter 01 Makassar di Sektor 3 Kawasan Syisah Makkah, dikutip dari kemenag.go.id, pada Kamis Malam (01/06/23).



"Hotel juga sudah dipersiapkan dengan baik. Jemaah kita disambut baik dan ramah. Mudah-mudahan ini dapat dipertahankan," lanjutnya.



Abdul Aziz juga mengimbau petugas agar membantu mengingatkan jemaah bahwa di Arab Saudi cuaca cukup panas. Untuk itu, jemaah diharapkan dapat menjaga kesehatan dan banyak minum untuk menghadapi situasi ini.



Kepala Sektor 3 Ikbal Ismail dalam keterangannya menyebutkan ada 392 jemaah asal Makassar yang tergabung dalam Kloter 01 UPG yang tiba di Makkah hari ini.



Dari 392 jemaah ini, 63 orang di antaranya adalah lansia serta terdapat 12 orang pengguna kursi roda.



"Jemaah kami persilahkan untuk istirahat 2 sampai 3 jam karena habis melakukan perjalanan jauh, dan setelah itu baru melaksanakan umrah wajib," tutur Ikbal.



"Untuk jemaah lansia dan pengguna kursi roda akan mendapatkan bimbingan khusus oleh pertugas hingga kembali ke hotel setelah umrahnya," pungkas Ikbal.[]